Wednesday, May 15, 2013

Timnas Indonesia Inginkan Jacksen F. Tiago, Persipura Menolak?

Jacksen F Thiago

Status Jacksen F. Tiago sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia ternyata masih menjadi dilema bagi Persipura Jayapura. Hal serupa juga berlaku untuk Rusdi Maswi, manajer sekaligus asisten pelatih tim Mutiara Hitam yang telah ditunjuk BTN untuk menjadi manajer Timnas Indonesia. Atas nama kepentingan rakyat Papua, Persipura tampaknya enggan melepas Jacksen F. Tiago dan Rusdi Maswi ke Timnas Indonesia.

Ketua Umum Persipura, Benhur Tommy Mano, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap PSSI dan BTN yang telah mempercayai Jacksen F. Tiago dan Rusdi Maswi untuk bergabung dengan Timnas Indonesia. Namun, lanjut Benhur Tommy Mano, Persipura tentunya juga punya membutuhkan tenaga dua tokohnya tersebut.

”Kami sangat mengerti penunjukan kedua orang ini adalah untuk kepentingan nasional, namun untuk kali ini kepentingan daerah tidak kalah penting karena ini tidak hanya menyangkut nama Kota Jayapura tetapi juga menyangkut Papua,” tandas Benhur Tommy Mano belum lama ini.

Wajar bila Persipura merasa keberatan dengan pemanggilan Jacksen F. Tiago dan Rusdi Maswi ke Timnas Indonesia. Pasalnya, Boaz Solossa dan kawan-kawan masih harus melakoni putaran kedua kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2013, dan mencanangkan target juara.

Mengenai tarik-ulur ini, sebenarnya pada awalnya telah terjalin kesepahaman antara BTN dan manajemen Persipura terkait pembagian tugas Jacksen F. Tiago di Persipura maupun di Timnas Indonesia.

Ketua BTN, La Nyalla Mattalitti, menyatakan antara kepentingan Timnas Indonesia dan Persipura terkait Jacksen F. Thiago tidak akan berbenturan karena jadwal yang ada memungkinkan pelatih asal Brasil itu untuk tetap bisa menjalankan tugas di kedua belah pihak.

“Pertandingan timnas kan baru dilakukan pada Oktober 2013, sedangkan kompetisi ISL akan berakhir pada September 2013. Jadi tak akan menganggu sama sekali sehingga Persipura tetap bisa menggunakan jasa Jacksen hingga kompetisi selesai,” kata La Nyalla Mattalitti.

“Kami sudah bicara kepada Persipura bahwa Jacksen F. Tiago bisa bertugas secara bersamaan, baik melatih Timnas Indonesia senior maupun skuat Persipura. Mereka tidak mempersoalkannya,” lanjutnya.

Jacksen F. Tiago sendiri enggan berkomentar mengenai penunjukannya sebagai pelatih Timnas Indonesia. Saat ini ia hanya fokus ke Persipura dan menyerahkan sepenuhnya kepada manajemen tim Mutiara Hitam.

“Saya tidak ada komentar apa pun soal itu (penunjukan BTN sebagai pelatih Timnas Indonesia). Kontrak saya saat ini masih dengan Persipura, jadi saya fokus dulu saja (untuk Persipura),” ujar Jacksen F. Tiago.

0 comments:

Post a Comment