Monday, July 28, 2014

PSSI Izinkan Klub yang Tampil di AFC Cup Rekrut 4 Pemain Asing

PSSI dan PT Liga Indonesia mengizinkan klub yang musim depan tampil di AFC Cup untuk merekrut 4 pemain asing. Sedangkan lainnya hanya diperbolehkan memiliki 3 pemain impor saja di kompetisi Indonesia Super League (ISL) musim depan.

“Pengecualian diberlakukan supaya klub ISL bisa tampil kompetitif di ajang AFC Cup,” jelas Sekjen PSSI yang juga CEO PT Liga Indonesia, Joko Driyono, di Jakarta, belum lama ini.

“Setelah berdialog dengan teman-teman klub yang berada di level atas dan punya potensi bermain di kompetisi AFC Cup, mereka boleh mengontrak 4 pemain asing dan teregister di kami,” lanjutnya.

Namun, tambah Joko Driyono, kebijakan PSSI dan PT Liga Indonesia tersebut tidak berlaku jika klub yang bersangkutan bertanding di kompetisi ISL. Sama seperti kontestan ISL lainnya, klub tersebut hanya boleh memainkan 3 pemain asing dalam satu pertandingan.

“Hal tersebut hanya untuk kepentingan kompetisi AFC saja. Dipastikan, satu pemain asing tidak akan bisa bermain di kompetisi dalam negeri. Kalau klub main di kompetisi AFC bisa memaksimalkan empat pemain asing,” papar Joko Driyono.

“Satu pemain asing yang tidak bisa main wajib didaftarkan karena regulasi di kompetisi AFC, harus terdaftar di sini. Jadi, hanya klub juara dan runner-up yang punya tambahan pikiran,” tutupnya.

Di kompetisi ISL musim ini, PSSI dan PT Liga Indonesia menerapkan kuota pemain asing dengan komposisi 4 + 1, yaitu 3 pemain asing non Asia ditambah 1 pemain asing dari Asia.

0 comments:

Post a Comment