Friday, October 11, 2013

Rapat Exco PSSI Putuskan IPL Menggunakan Format Playoff Dua Grup

Logo IPL

Exco PSSI telah menggelar rapat dengan tema pokok membahas kelanjutan kompetisi Indonesian Premier League (IPL) yang dikelola oleh PT Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS). Lantas apakah hasil keputusannya?

Dalam rapat tersebut Exco PSSI memutuskan bahwa kompetisi IPL kelak menggunakan format playoff dan terbagi atas dua grup.

Ketika dimintai konfirmasinya Sekjen PSSI, Joko Driyono membenarkan perihal keputusan terhadap IPL tersebut. Dirinya juga mengatakan bahwa ini merupakan salah satu proses unifikasi.

“Ini adalah salah satu proses unifikasi. Setelah melakukan pertandingan playoff, tahapan selanjutnya adalah melakukan verifikasi” tegas Joko Driyono.

Menurut Joko Driyono rencana pertandingan playoff IPL ini akan digelar di dua kota, yaitu Jepara dan Bantul.

Sementara itu waktu pertandingan diperkirakan selama dua pekan, dengan awal pertandingan antara tanggal 13 atau 16 Oktober.

Dengan menggunakan format playoff, maka menggugurkan format yang sebelumnya telah ditetapkan pada Kongres PSSI Borobudur Jakarta yaitu empat tim terbaik IPL langsung lolos ke kompetisi ISL musim depan.

“Pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi, tiga tim terbaik masing-masing grup nantinya akan diverifikasi bersama Semen Padang” tambahnya.

Di lain pihak Semen Padang yang baru saja menyelesaikan pertandingan perempat final Piala AFC, mendapatkan perlakukan khusus dengan mendapatkan wild card sehingga tidak perlu turun di playoff.

PSSI mengambil langkah tersebut karena didasari pada sejarah klub, serta realita Semen Padang yang merupakan klub tertib administrasi.

0 comments:

Post a Comment