Friday, February 21, 2014

Indonesia vs Thailand 0-1: Hasil Final Sepak Bola SEA Games 2013

Hasil pertandingan Indonesia vs Thailand di final SEA Games 2013 yang ditutup dengan skor 0-1 membuat Garuda Muda kembali mengubur mimpi meraih medali emas yang hilang sejak tahun 1991. Gol Sarawut Masuk membuat timnas Indonesia U23 melanjutkan trauma final SEA GAmes dua tahun lalu kala tumbang oleh Malaysia. Lagi-lagi, hanya medali perak yang diperoleh Rahmad Darmawan.

Sejak awal pertandingan timnas Indonesia U23 vs Thailand, pelatih Rahmad Darmawan memakai duo Fandi Eko Utomo-Yandi Sofyan Munawar . Ramdani Lestaluhu dan Bayu Gatra diharapkan mampu menusuk dari sisi sayap. Akan halnya Thailand yang dikomandoi Kiatisuk Senamuang menggunakan skema 4-2-3-1 dengan tumpuan pada seorang Adisak Kraisorn.

Thailand yang di babak penyisihan Grup B menggebuk Indonesia 4-1, tampil meyakinkan sepanjang babak pertama. Kombinasi umpan terobosan dan umpan silang mereka membuat barisan belakang Garuda Muda keteteran. Peluang hadir di menit 10 melalui sepakan Pokkhao Anan.

Jarak kemudian tercipta di menit 21. Sebuah serangan kilat lawan, berakhir pada umpan terobosan Thitipan Puangchan kepada Sarawut Masuk. Sesuai namanya, Si Nomor 30 sukses memasukkan bola ke gawang Kurnia Meiga dengan melewatkannya di atas kepala sang kiper.

Tertinggal, Indonesia berusaha mencari jalan keluar. Namun, barisan belakang Thailand kokoh. Tak mempan tusukan atau umpan-umpan silang dari sayap. Alhasil, kiper Kawin  Thammasatchanan tak benar-benar menghadapi ujian dari Garuda Muda hinga babak pertama.

10 menit setelah turun minum, Manahati Lestusen dicopot untuk digantikan Andri Ibo. Kesempatan hadir di menit 60 saat Fandi Eko Utomo dijatuhkan di depan kotak penalti. Namun, eksekusi Andri Ibo membentur pagar betis. Peluang di depan mata terhambur.

Thailand tampak terlalu nyaman dengan serangan Indonesia yang tumpul setiap memasuki seperempat terakhir lapangan. Garuda Muda kemudian meledak di lapangan. Sejak menit 70, dalam waktu singkat Dedi Kusandar dan Alfin Tuasalamony mendapatkan kartu kuning karena emosi yang terpancing.

Hal yang paling disesali datang di menit 74. Ketika itu, Ramdani Lestaluhu dua kali mendapatkan kesempatan menembak. Masih ada bek Thailand yang membuat peluangnya tipis melebar di samping gawang Kawin. Seiring dengan waktu Garuda Muda tak juga menemui jalan. Menit terakhir diwarnai tendangan kotor Ramdani Lestahulu pada Artit Daosawang.

Thailand sukses mengamankan skor 1-0. Plus, kembali menjadi raja di SEA Games setelah gagal di edisi 2009 dan 2011.

Indonesia (4-2-3-1): Meiga; Alfin – Manahati (Andri Ibo ’55)– Syaifuddin – Diego; Dedi – Pellu (Dendi ’80); Bayu – Fandi Eko – Ramdani; Yandi (Yohanes Pahabol ’69)

Thailand (4-2-3-1): Kawin; Theerathon – Sakolwach – Boonyon – Daosawang; Thitipan (Pombuppha ’62)– Charyl; Sarawut (Kesarat ’86)– Thawikan – Pokklaw; Adisak

0 comments:

Post a Comment