Tuesday, July 15, 2014

Timnas Indonesia Menang 1-0 Atas Andorra di Tur Spanyol 2014

Raphael Maitimo Timnas Indonesia

Timnas Indonesia sukses memperpanjang catatan buruk Andorra yang belum pernah menang selama 10 tahun terakhir dengan kemenangan 1-0 di laga ujicoba dalam rangkaian Tur Spanyol, Rabu (26/3/2014). Berlaga di Stadion FC Alzira Cullera, Valencia, gol satu-satunya Timnas Indonesia dipersembahkan oleh Raphael Maitimo melalui titik penalti.

Di laga kali ini, pelatih Alfred Riedl menurunkan Greg Nwokolo sebagai ujung paruh Garuda, diapit oleh dua winger lincah yakni Zulham Zamrun dan Bayu Gatra yang menjalani debutnya di Timnas Indonesia senior.

Lini tengah tim Merah-Putih diisi oleh sang kapten Firman Utina dengan dibantu oleh Raphael Maitimo dan Rizky Pellu. Sedangkan di pertahanan, ada Zulkifli Syukur, M. Roby, Ahmad Jufriyanto, dan Supardi. Adapun Andritany Ardhiyasa dipercaya berdiri di bawah mistar gawang.

Timnas Indonesia langsung mendapat peluang emas pada awal pertandingan lewat gebrakan Greg Nwokolo. Namun, striker naturalisasi milik Persebaya Surabaya itu belum mampu menyarangkan bola ke gawang Andorra.

Setelah itu, tidak banyak kesempatan yang tercipta. Para pemain Indonesia tampak sulit menembus pertahanan Andorra yang bermain sangat disiplin. Bahkan, Greg Nwokolo harus ditarik keluar karena mengalami sedikit cedera pada menit 27 dan digantikan oleh Tantan.

Kurangnya koordinasi antra pemain membuat tim Garuda tidak mampu mengendalikan jalannya laga dengan baik. Serangan-serangan yang dibangun Indonesia cenderung sporadis dan seolah tanpa konsep. Bahkan, Andorra beberapa kali mengancam gawang Andritany Ardhiyasa. Beruntung, babak pertama ditutup dengan skor 0-0.

Babak kedua dimulai, Timnas Indonesia mencoba membangun serangan dengan lebih rapi. Hasilnya langsung terlihat di menit 49 saat Raphael Maitimo terganjal di area terlarang Andorra yang membuat wasit menunjuk titik putih. Raphael Maitimo yang mengeksekusi sendiri penalti tersebut sukses menjalankan tugasnya dengan baik. Skor 1-0 untuk Indonesia..

Ada sejumlah kans yang diperoleh tim Garuda di sisa laga, termasuk peluang matang dari Zulham Zamrun berkat umpan M. Ridwan. Namun, tandukan pemain Mitra Kukar itu masih bisa diselamatkan oleh bek Andorra. Hasil 1-0 menjadi skor akhir Indonesia kontra Andorra.

0 comments:

Post a Comment